img-20190118-wa0004

Pada 9 Januari 2019, Program studi Teknik Kimia Universitas Pamulang menyelenggarakan Workshop Manajemen Laboratorium Kualifikasi 3 Operasi Laboratorium. Kegiatan ini diisi oleh trainer Thomas Hidayat Kurniawan. Bekerjasama dengan Lembaga Pelatihan dan Pendidikan Profesi guna untuk meningkatkan skill para mahasiswa dan alumni Teknik Kimia UNPAM. Kegiatan Workshop rencananya akan dilakukan secara berkala berkelanjutan. Fokus pada training Kualifikasi 3 Operasi Laboratorium, Thomas Hidayat Kurniawan menyampaikan dalam materinya bahwa dalam kualifikasi operasi lab harus memiliki kompetensi pengetahuan, keterampilan dan perilaku, diantaranya adalah memelihara kelayakan laboratorium, menerapkan persyaratan critical control point, melakukan verifikasi dan pemeliharaan peralatan dan melakukan kalibrasi dengan metode standar.

Kegiatn workshop ini merupakan kali pertama yang dilakukan oleh Prodi Teknik Kimia, dengan jumlah peserta 20 orang. Setelah mengikuti workshop, para peserta akan melakukan ujian kompetensi yang dilakukan oleh asesor dari BSNP (Badan Nasional Sertifikasi Profesi) untuk mendapatkan sertifikasi kompetensi bagi yang lulus uji.

Ir. Wiwik Indrawati, ketua program studi Teknik Kimia UNPAM menyampaikan bahwa sertifikasi ini bertujuan untuk membekali para mahasiswa terutama alumni yang segera akan melanjutkan ke jenjang dunia kerja dapat memiliki kompetensi yang andal dibidang laboratorium. Mengingat jurusan Teknik Kimia melekat erat dengan laboratorium, berharap para alumni bisa survive dan setidaknya mengetahui tentang kualifikasi operasi laboratorium.