Pamulang, 24 November 2019, kabar membanggakan kembali disuarakan oleh program studi Teknik Kimia Universitas Pamulang (UNPAM) yang telah mengantongi juara 3 pada ajang WTC (Waste Treatment Competition) di Universitas Sultan Ageng Tirtayasa (Untirta).

Waste Treatment Competition (WTC) 2019 yang diselenggarakan oleh Himpunan Mahasiswa Teknik Kimia (HIMATEMIA) Universitas Sultan Ageng Tirtayasa (Untirta) merupakan Lomba Karya Tulis Ilmiah Nasional (LKTIN) yang setiap tahun diadakan. Teknik Kimia Unpam salah satu peserta yang hampir tidak pernah melewatkan kompetisi tersebut setiap tahunnya. Adapun tema utama yang diangkat dalam ajang Waste Treatment Competition (WTC) 2019 ini memiliki tema Optimalisasi Potensi Limbah dengan Membangun Daya Inovasi Millenial dalam Mewujudkan SDG’s 2030 dengan sub tema yaitu: Limbah rumah tangga, Limbah pertanian/perkebunan, Limbah perikanan/peternakan dan Limbah industri. Kompetisi ini diikuti oleh ratusan tim dari berbagai perguruan tinggi negeri maupun swasta di Indonesia.

Penelitian dengan judul Pengaruh Penambahan Nano Kalsium dari Limbah Tulang Ayam Boiler pada Mie yang dilakukan oleh 3 mahasiswa; Lourenty First, Laura Ryan Dias Septaningrum dan Kinanti Pengestuti, membawa Teknik Kimia Unpam menduduki puncak juara di posisi ke-3 mengalahkan ratusan tim lainnya. Jufrinaldi S.T,M.Si sebagai dosen pembimbing menyampaikan bahwa prestasi 3 besar yang kembali diraih Unpam ini diharapkan menjadi salah satu penyemangat untuk mahasiswa lainnya, untuk lebih percaya diri berkompetisi di bidang penelitian.

Ir. Wiwik Indrawati, M.Pd sebagai ketua Prodi Teknik Kimia Unpam sekaligus sebagai pendamping saat itu, juga turut menyampaikan, bahwa mahasiswa Teknik Kimia Unpam tidak bisa lagi dipandang sebelah mata, bukan lagi hanya dilihat dari segi kuantitas mahasiswa sejuta umat seperti yang kebanyakan orang bilang, melainkan mahasiswa Unpam memiliki kualitas sejuta kemampuan. “Prestasi yang kembali diukir oleh mahasiswa Teknik Kimia Unpam ini, semoga bisa menjadi tangga untuk menaikkan jiwa kompetisi dan meningkatkan kualitas di bidang research dan sejalan dengan visi misi Teknik Kimia Unpam terutama dibidang ilmu pengetahuan dan teknologi (Iptek).” lanjutnya.