Program Studi Teknik Kimia Universitas Pamulang Menggelar Seminar Internasional di Hotel Santika, BSD City

Sabtu, 27 April 2019, Teknik Kimia Universitas Pamulang (UNPAM) menggelar Seminar Internasional dalam “International Seminar on Technology for Waste and Biomass Utilization” yang bertempat di Ballroom Tiberias Teras Kota Hotel Santika, BSD City.

Kegiatan ini disambut antusias oleh 250 peserta kalangan mahasiswa, dosen, dan peneliti baik dari Universitas Pamulang maupun perguruan tinggi dan institusi lain.

Sebagai keynote speaker pada seminar ini adalah Dr. Ondrej Masek dari Edinburgh University, UK dengan materinya Biochar in Bioenergy System, Prof. Dr. Ing. Misri Gozan dari Universitas Indonesia dengan materinya Production of furfural and leveluinic acid from Oil Palm empty fruit bunch, Prof. Robert Thomas Bachman dari University of Kuala Lumpur, Malaysia dengan materinya Malaysian Oil Palm Residues: Current use and potential applications, Prof. Reiji Noda dari Gunma University, Japan dengan materinya Fluidized bed Gasification for EFB, Dr. Wolfram Buss dari ANU, Australia dengan materinya Biochar Environmental application dan Dr. Joni Prasetyo dari BPPT & Universitas Pamulang dengan materinya Biogass from the waste of Palm Oil Industry.

Seminar Internasional ini merupakan kegiatan yang cukup langka bagi Teknik Kimia UNPAM sehingga mendapat respons yang luar biasa dari para mahasiswa dan dosen sebagai peserta dan menjadikannya cukup berkesan. Mengangkat topik besar biomassa dan teknologi pengolahannya baik produk maupun limbah yang dihasilkan, menambah antusiasme para peserta seminar. Mengingat Indonesia merupakan salah satu negara yang memiliki limpahan biomassa yang besar, namun masih kurang dalam tata kelola di bidang pemanfaatan sumber dan teknologinya.

Wakil Rektor III Universitas Pamulang, Dr. Ir. Sewaka, M.M yang turut membuka acara ini mengharapkan kepada para peserta yang hadir untuk bisa memaksimalkan kesempatan ini dengan sebaik-baiknya. “ Saya berharap, acara ini bisa menambah wawasan pengetahuan yang lebih, terutama pada teknologi pengolahan limbah dan utilisasi pengolahan biomassa. Kita tahu bahwa Indonesia memiliki kapasitas biomassa melimpah namun masih kurang dalam kapasitas SDM sebagai pengelola” imbuhnya.

Ir. Wiwik Indrawati, M.Pd selaku Ketua Program Studi Teknik Kimia UNPAM menyampaikan: “Acara ini merupakan salah satu pagelaran yang sudah digadang-gadang oleh para mahasiswa dan dosen, dan Alhamdulillah, tahun ini kami bisa melaksanakannya”. “Semoga, kegiatan ini bisa menjadi kegiatan yang kontinyu sebagai ajang menambah wawasan pengetahuan dari para pembicara professional untuk bekal pengetahuan para mahasiswa dan juga dosen” pungkasnya.