Operasi Laboratorium (Kualifikasi 3)

Pada 9 Januari 2019, Program studi Teknik Kimia Universitas Pamulang menyelenggarakan Workshop Manajemen Laboratorium Kualifikasi 3 Operasi Laboratorium. Kegiatan ini diisi oleh trainer Thomas Hidayat Kurniawan. Bekerjasama dengan Lembaga Pelatihan dan Pendidikan Profesi guna untuk meningkatkan skill para mahasiswa dan alumni Teknik Kimia UNPAM. Kegiatan Workshop rencananya akan dilakukan secara berkala berkelanjutan. Fokus pada training Kualifikasi 3 Operasi Laboratorium, Thomas Hidayat Kurniawan menyampaikan dalam materinya bahwa dalam kualifikasi operasi lab harus memiliki kompetensi pengetahuan, keterampilan dan perilaku, diantaranya adalah memelihara kelayakan laboratorium, menerapkan persyaratan critical control point, melakukan verifikasi dan pemeliharaan peralatan dan melakukan kalibrasi dengan metode standar.

Kegiatn workshop ini merupakan kali pertama yang dilakukan oleh Prodi Teknik Kimia, dengan jumlah peserta 20 orang. Setelah mengikuti workshop, para peserta akan melakukan ujian kompetensi yang dilakukan oleh asesor dari BSNP (Badan Nasional Sertifikasi Profesi) untuk mendapatkan sertifikasi kompetensi bagi yang lulus uji.

Ir. Wiwik Indrawati, ketua program studi Teknik Kimia UNPAM menyampaikan bahwa sertifikasi ini bertujuan untuk membekali para mahasiswa terutama alumni yang segera akan melanjutkan ke jenjang dunia kerja dapat memiliki kompetensi yang andal dibidang laboratorium. Mengingat jurusan Teknik Kimia melekat erat dengan laboratorium, berharap para alumni bisa survive dan setidaknya mengetahui tentang kualifikasi operasi laboratorium.

 

KEGIATAN SEMINAR “KEYS TO BECOME A SUCCESSFULL ENGINEER

(19 NOVEMBER 2018)

International Association of Certified Practicing Engineers (IACPE), adalah asosiasi yang memberikan standar kompetensi profesional dan etika. Presiden International Association of Certified Practicing Engineers (IACPE), Mr. Carl Kolmetz CPE mengatakan sertifikasi diperlukan oleh setiap lulusan perguruan tinggi yang berasal dari fakultas teknik.

Kolmetz menambahkan, IACPE memiliki 3 pilar utama, yakni educationcertification, dan networking. IACPE juga memberikan sertifikasi kepada sarjana teknik sesuai dengan bidangnya masing-masing baik lokal maupun internasional sehingga setiap lulusan sarjana teknik nanti akan lebih mudah ketika bergabung dengan perusahaan besar.

 

Pembicara : Mr. Karl Holmetz (IACPE)

Dalam rangka menjajaki kerjasama antara Internasional Association of Certified Practicing Engineers (IACPE) dan Universitas Pamulang, Program Studi Teknik Kimia  menyelenggarakan seminar bertemakan “Keys to Become A Successfull Engineer” yang dilangsungkan di kampus pusat Universitas Pamulang

Peserta yang hadir dalam seminar ini terdiri dari Dosen dan mahasiswa Program Studi Teknik Kimia, Teknik Elektro serta Teknik Industri .

 

 

KEGIATAN SEMINAR ” MANAJEMEN ENERGI GAS DAN PENGEMBANGAN ENERGI ALTERNATIF SOLUSI KRISIS ENERGI NASIONAL ” (26 MEI 2018)

 

dsc_3065

Pembicara : Dr. Iwan Ratman, Arief Mujiyanto, M.Eng., Ir. Jaelani Ibrahim, M.T.

dsc_3091

dsc_3203

 

KEGIATAN SEMINAR ” AIR, PANGAN DAN ENERGI UNTUK KESEJAHTERAAN MANUSIA  “

(18 MARET 2017)

agus-salim-dt

Penghargaan dosen terbaik program studi Teknik Kimia tahun 2017 (Agus Salim Afrozi, S.T., M.T.)

18 Maret 2017
Narasumber Dipl. Ing. Haznan Abimanyu, Ph.D, Dr. Muhamad Sahlan, M. Eng, dan Dr. Achmadin Luthfi Machsun

 

18 Maret 2017
Suasana Seminar

KEGIATAN SEMINAR “TEKNOLOGI PENGOLAHAN LIMBAH”

(10 AGUSTUS 2016)

10 Agustus 2016
Narasumber Prof. Ir. Zainus Salimin, M.Si, Drs. Gunandjar, M.Si., APU dan Moderator Dicky Tri Jatmiko, S.T.,M.T

Program Studi Teknik Kimia Universitas Pamulang pada 10 Agustus 2016 menggelar kegiatan Seminar dengan tema Teknologi Pengolahan Limbah Kimia. Kegiatan ini dihadiri oleh kurang lebih 500 peserta diantaranya adalah para mahasiswa dan dosen Prodi Teknik Kimia UNPAM. Seminar yang dibuka untuk umum ini, juga turut dihadiri oleh mahasiswa dari berbagai fakultas lain. Kegiatan dilaksanakan di auditorium Universitas Pamulang dengan menghadirkan Narasumber yang sangat kompeten dibidangnya. Adalah Prof. Ir. Zainus Salimin, M.Si, Drs. Gunandjar, M.Si., APU.

Budhi Indrawija, S.T,M.Si dalam sambutannya menyebutkan, seminar ini bertujuan untuk membuka wawasan bagaimana teknologi mengolah limbah kimia. Mengingat bahwa meningkatnya perkembangan Industri di Indonesia tidak berbanding lurus dengan meningkatnya teknologi pengolahan limbah, menyebabkan limbah tidak terolah dengan baik bahkan sampai mencemari lingkungan. Kedua narasumber tersebut secara umum menjelaskan mengenai bahaya limbah dan teknologi pengolahannya, namun secara mengerucut keduanya membahas lebih detail pada bahaya dan teknologi pengolahan limbah radioaktif, dimana limbah tersebut merupakan salah satu dari limbah B3 Bahan Berbahaya dan Beracun).

10 Agustus 2016
Sesi foto bersama narasumber, Bapak Ketua Yayasan, Rektor dan Dosen

SEMINAR “PROCESS SAFETY AWARENESS”

(20 DESEMBER 2014)

sambutan
Sambutan Oleh Ketua Pelaksana Bpk. Budhi Indrawijaya, S.T., M.Si"

 

mc Narasumber Ir. Deddy Syam,M.OHS dan moderator Jufrinaldi,S.T., M.Si

audiens
Antusias audiens saat mendengarkan seminar

 

WORKSHOP “KURIKULUM PERGURUAN TINGGI BERBASIS KKNI”

(15 JUNI 2017)

15 Juni 2017

Dekan Fakultas Teknik Universitas Pamulang Dr. Ir. Dadang Kurnia, M.M dan Narasumber Dr. Dianursanti,S.T., M.T

 

15 Juni 2017
Sesi Foto bersama Narasumber

WORKSHOP ” TEKNIK PENGAMBILAN SAMPEL KUALITAS LINGKUNGAN “

(9 JULI 2017)

9 Juli 2017

9 juli 2017

9 Juli 2017

9 Juli 2017