WEBINAR NASIONAL

“INOVASI TEKNOLOGI UNTUK PENGEMBANGAN PROSES DAN PRODUK GUNA MENUMBUHKAN TEKNOPRENEUR”

(17 MARET 2021)

Teknopreneur merupakan gabungan dari “technology” dan “entrepreneur” yaitu seorang  wirausahawan yang memanfaatkan teknologi untuk membuat penemuan baru sebagai inovasi sehingga dapat menciptakan sesuatu yang baru dan menghasilkan uang.

Dalam mempertahankan dan mengembangkan usahanya seorang wirausahawan dituntut untuk  melakukan inovasi sehingga dihasilkan produk yang lebih baik dan proses lebih efisien. Untuk melengkapi pengetahuan mengenai teknopreuner yang berbasis inovasi,  Prodi Teknik Kimia Fakultas Teknik Universitas Pamulang   menyelenggarakan Webinar Nasional dengan Tema “Inovasi Teknologi Untuk Pengembangan Proses Dan Produk Guna Menumbuhkan Teknopreneur” yang diselenggarakan pada hari Rabu, tanggal 17 Maret 2021 pada pukul 08.30-16.00 WIB melalui aplikasi Zoom. Ketua pelaksana Webinar ini adalah Bapak Dr. Ahmad Wibisana, M.T dengan beberapa narasumber diantaranya pengusaha sukses, Dosen  dan peneliti yang telah banyak melakukan inovasi di dalam kegiatan penelitiannya. Narasumber tersebut adalah Ibu Dr.Eng. Dewi Agustina Iryani, S.T, M.T selaku peneliti dan Dosen Prodi Teknik Kimia Unila menyampaikan materi mengenai Teknologi Konversi Biomassa untuk Produksi Material dan Biofuel, Bapak Ir. Mukhlis Bahrainy Techno-preneur, CEO Pachira Group menyampaikan materi mengenai Membangun Techno-Preneurship dengan Teknologi Inovatif  yang Distingtif dan Berdaya Saing,  Bapak Salahudin, S.T, M.Sc peneliti dan Dosen Prodi Teknik Kimia Itenas Bandung menyampaikan materi mengenai Rumput Laut Indonesia : Bahan Baku, Proses dan Aplikasi sementara  Bapak Dr.Eng. Joni Prasetyo, M.T peneliti dan Dosen Prodi Teknik Kimia Universitas Pamulang menyampaikan materi mengenai Teknologi Pirolisa untuk Pengolahan Biomassa menjadi Produk yang Bermanfaat.

Webinar kali ini dihadiri tidak kurang dari 215 peserta yang berasal dari Dosen dan Mahasiswa Prodi Teknik Kimia Universitas Pamulang, Unila, Itenas dan  Universitas Brawijaya yang sangat antusias mengikuti acara hingga selesai.

Kegiatan Webinar Nasional ini diawali dengan sambutan yang disampaikan oleh Ketua Prodi Teknik Kimia Ir. Wiwik Indrawati, M.Pd sekaligus membuka Acara Webinar, dipandu oleh moderator Dosen Program Studi Teknik Kimia Bapak Jufrinaldi, S.T., M.Si pada sesi pertama dan Bapak Ir. Irman Ansari Adlin, M.M pada sesi kedua. Sementara untuk moderator pada sesi seminar paralel, Pada room 1 Bapak Budhi Indrawijaya, S,T., M.Si dan room dua Ibu Rifkah Akmalina, S.T., M.T.

Untuk menambah semangat peserta pada webinar kali ini diselingi dengan permainan kahoot yang dilakukan setelah sesi pertama dan  sesi kedua dengan masing-masing tiga pemenang. Alhamdulillah keseluruhan kegiatan Webinar dari awal hingga akhir berjalan dengan tertib dan lancar.

 

 

 


WEBINAR KOORDINASI ISU

WASTE ISSUE : CHALLANGES & SOLUTIONS

Webinar Koordinasi Isu (KOORSU) bertemakan “Waste Issue: Challanges and Solutions” ini dilaksanakan pada tanggal 18 Desember 2020. Acara ini merupakan acara pembuka dalam rangkaian acara Musyawarah Daerah 2 Badan Koordinasi Kegiatan Mahasiswa Teknik Kimia Indonesia (BKKMTKI) ke-XV. Acara ini dilaksanakan secara daring melalui Zoom Meeting. Adapun narasumber dalam acara ini yaitu Bapak Dr. Dip. Ing. Muhammad Abdul Kholiq, M.Sc. selaku Direktur Pusat Teknologi Lingkungan, BPPT dan Bapak Asep Kuswanto, S.E., M.Si. selaku Kepala UPST DLHK D.K.I

Acara ini bertujuan untuk membuka wawasan dan kesadaran kita terhadap isu-isu lingkungan yang memang sangat penting untuk dikaji. Acara ini juga dapat mengembangkan pola pikir mahasiswa dalam pengelolaan sampah skala kecil di tingkat kampus khususnya dan umumnya masyarakat sekitar.

 

 


WEBINAR KEILMUWAN

“PROSPEK BIOENERGI SEBAGAI SUMBER ENERGI ALTERNATIF MASA DEPAN”

Webinar ini bertema-kan Prospek Bioenergi sebagai sumber energi alternatif masa depan. Kegiatan dilaksanakan pada tanggal 17 Oktober 2020 secara daring via Zoom Meeting. Adapun kami turut mengundang bapak Dr. S. D. Sumbogo Murti, B.Eng., M.Eng. selaku Kepala Program Inovasi dan Layanan Teknologi Industri Kimia, PTSEIK – BPPT dan juga Ibu Andriah Feby Misna, S.T., M.T., M.Sc selaku Direktur Bioenergi EBTKE ESDM.

Adapun point penting pembahasan Webinar ini secara garis besar ialah perbaikan tata kelola pengusahaan bioenergi, mendorong pengembangan penggunaan energi terbarukan serta merubah pola pikir khusus nya mahasiswa dalam ketergantungan energi fosil.


WEBINAR DISKUSI COVID-19

” GIZI & IMUN “

Pandemi Covid-19 saat ini tidak hanya mengakibatkan krisis kesehatan, namun pandemi Covid-19 juga memberikan dampak yang sangat signifikan pada bidang pendidikan dan  ekonomi. Kebijakan pemerintah diharapkan membuat masyarakat  selalu sehat  tidak terpapar virus Covid-19, kegiatan pendidikan dan ekonomi tetap terus berjalan. Untuk mendapatkan pengetahuan tentang semua itu maka Prodi Teknik Kimia, Fakultas Teknik, Universitas Pamulang bersama Hima telah  menyelenggarakan Webinar Diskusi Covid-19 pada hari Minggu tanggal 10 Mei 2020 jam 09.00-12.00 WIB melalui aplikasi Zoom. Tema Diskusi Covid 19 adalah Kebijakan Politik terkait Covid -19 yang disampaikan oleh Bapak Gerry Liyus Febrera, STrk selaku Kapolsek Mananggu Polres Boalemo Provinsi Gorontalo dan tema kedua adalah Vitamin dan Sistem Imun Tubuh terhadap Covid-19 yang disampaikan oleh Bapak Hendri Noer Fadillah, S.TP., M.Si  selaku Dosen International University Liaison Indonesia juga sebagai  owner PT. Inaviga Indonesia.

Webinar kali ini dihadiri tidak kurang dari 156 peserta yang berasal dari Dosen dan Mahasiswa Prodi Teknik Kimia Universitas Pamulang yang sangat antusias mengikuti acara hingga selesai.

Kegiatan Webinar Diskusi  ini diawali dengan sambutan yang disampaikan oleh Bapak Syaiful Bakhri, S.T., M.Eng.Sc., Ph.D selaku Dekan Fakultas Teknik, beliau sangat mendukung kegiatan yang diselenggarakan oleh Prodi Teknik Kimia. Sambutan yang kedua  oleh Wakil Rektor III Bapak Dr. M. Wildan, S.S., M.A yang  sekaligus membuka Acara Webinar ini.

Webinar Diskusi Covid-19 dipandu oleh moderator Bapak Jufrinaldi, S.T., M.Si  selaku Dosen Program Studi Teknik Kimia. Alhamdulillah acara dapat berjalan dengan baik dan lancar.

 


Program Studi Teknik Kimia Universitas Pamulang Mengadakan Pelatihan Software HYSYS – 6 Januari 2020

Senin, 6 Januari 2020, Teknik Kimia Universitas Pamulang (UNPAM) mengadakan Pelatihan Software HYSYS yang bertempat di Kampus STIKes Widya Dharma Husada Pamulang. Kegiatan pelatihan ini diikuti dengan antusias oleh dosen dan mahasiswa Teknik Kimia, Fakultas Teknik  Universitas Pamulang. Kegiatan pelatihan software HYSYS dilakukan dengan mendatangkan pembicara yang sudah ahli berkecimpung dengan software HYSYS.  Sebagai instruktur Pelatihan ini adalah Agam Duma Kalista  Wibowo, S.T.,M.T. dan Linda Aliffia Yoshi, S.T., M.T. Dosen Intitut Teknologi Indonesia Tangerang Selatan.

HYSYS merupakan software yang sangat penting dalam simulasi perancangan suatu industri kimia. Salah satu kompetensi mahasiswa Teknik Kimia Unpam adalah merancang pabrik dari bahan baku yang telah ditentukan, maka mahasiswa  dibekali dengan ilmu teoritis dan sekaligus penerapan simulasi dalam proses industri kimia juga melalui kerja praktek dan penelitian. Dengan menggunakan HYSYS mahasiswa Teknik Kimia dapat menyelesaikan berbagai problem proses industri kimia secara cepat dan relatif sederhana tanpa melalui perhitungan-perhitungan yang rumit seperti bila dikerjakan secara manual. Disamping itu perancangan suatu alat baru maupun evaluasi alat yang sudah ada di suatu industri juga dapat dilakukan menggunakan software HYSYS.

 

Berbagai peralatan seperti reaktor, separator, menara destilasi dan lain-lain disusun dalam suatu Process Flow Diagram (PFD) beserta inputan komponen kimia yang terlibat, diinputkan maka software HYSYS akan bekerja otomatis mensimulasikan proses yang disusun tersebut. Perhitungan neraca massa, neraca panas dan spesifikasi peralatan akan dihitung otomatis oleh HYSYS. Begitu juga beberpa parameter proses seperti suhu, tekanan, laju alir dan lain-lain akan dihtung secara komputasi oleh HYSY. Dengan software HYSYS, mahasiswa dapat secara langsung melakukan simulasi proses dan perancangan industri kimia dengan peralatan dan bahan baku yang direncanakan.

Dalam pelatihan ini semua peserta baik mahasiswa maupun dosen sangat antusias dan bersemangat melaksanakan pelatihan. Penjelasan dan uraian dari narasumber langsung dipraktekkan oleh peserta menggunakan HYSYS pada komputer dari masing-masing peserta.

 

 

 

 

 

 

 


SEMINAR

TRAINING EFFECTIVE COMMUNICATION AND PRESENTATION SKILLS

Komunikasi menjadi sebuah aktivitas yang selalu dilakukan dalam keseharian. Komunikasi memegang peran yang sangat penting karena komunikasi memiliki fungsi menghubungkan seseorang satu dengan yang  lain. Namun tidak banyak yang menyadari efektifitas dari komunikasi yang dilakukan. Lalu, bagaimana komunikasi yang efektif dapat dilakukan. Komunikasi yang efektif merupakan pola komunikasi dengan menggunakan sedikit kata-kata namun mampu menyampaikan pesan kepada orang lain secara jelas dan tanpa menimbulkan ambiguitas. Kemampuan komunikasi yang termasuk didalamnya adalah kemampuan menulis, kemampuan presentasi sehingga kemampuan untuk bekerjasama dengan rekan dalam unit kerja dapat terjalin dengan baik.

Terkait dengan kecakapan berkomunikasi, Program Studi Teknik Kimia Fakultas Teknik Universitas Pamulangma bekerjasa dengan Q-one Consultant menyelenggarakan training dengan tema “Effective Communication and Presentation Skills” dengan tujuan agar peserta memahami diri sendiri guna membangun komunikasi efektif dengan team kerja dan pimpinan, terbentuknya rasa percaya diri dan mindset sebagai figur yang berpengaruh dalam berkomunikasi dan presentasi.

Training ini diselenggarakan pada tanggal 26 Juni tahun 2019 pukul 09.00- 15.00 WIB, dengan narasumber Bapak Mulyadi, S.E., M.Pi, Practitioner and Trainer in Banking and Financial. Kegiatan ini diawali dengan sambutan Kaprodi Teknik Kimia Ir. Wiwik Indrawati, M. Pd selanjutnya sambutan Bapak Dr. Dayat Hidayat, M.M selaku Rektor Universitas Pamulang yang sekaligus membuka kegiatan seminar. Peserta sangat antusias dan tetap bersemangat sampai acara selesai. Untuk mencairkan suasana setelah ishoma ditampilkan hiburan musik dari mahasiswa/i Prodi Teknik Kimia.


Operasi Laboratorium (Kualifikasi 3)

Pada 9 Januari 2019, Program studi Teknik Kimia Universitas Pamulang menyelenggarakan Workshop Manajemen Laboratorium Kualifikasi 3 Operasi Laboratorium. Kegiatan ini diisi oleh trainer Thomas Hidayat Kurniawan. Bekerjasama dengan Lembaga Pelatihan dan Pendidikan Profesi guna untuk meningkatkan skill para mahasiswa dan alumni Teknik Kimia UNPAM. Kegiatan Workshop rencananya akan dilakukan secara berkala berkelanjutan. Fokus pada training Kualifikasi 3 Operasi Laboratorium, Thomas Hidayat Kurniawan menyampaikan dalam materinya bahwa dalam kualifikasi operasi lab harus memiliki kompetensi pengetahuan, keterampilan dan perilaku, diantaranya adalah memelihara kelayakan laboratorium, menerapkan persyaratan critical control point, melakukan verifikasi dan pemeliharaan peralatan dan melakukan kalibrasi dengan metode standar.

Kegiatn workshop ini merupakan kali pertama yang dilakukan oleh Prodi Teknik Kimia, dengan jumlah peserta 20 orang. Setelah mengikuti workshop, para peserta akan melakukan ujian kompetensi yang dilakukan oleh asesor dari BSNP (Badan Nasional Sertifikasi Profesi) untuk mendapatkan sertifikasi kompetensi bagi yang lulus uji.

Ir. Wiwik Indrawati, ketua program studi Teknik Kimia UNPAM menyampaikan bahwa sertifikasi ini bertujuan untuk membekali para mahasiswa terutama alumni yang segera akan melanjutkan ke jenjang dunia kerja dapat memiliki kompetensi yang andal dibidang laboratorium. Mengingat jurusan Teknik Kimia melekat erat dengan laboratorium, berharap para alumni bisa survive dan setidaknya mengetahui tentang kualifikasi operasi laboratorium.

 

 

KEGIATAN SEMINAR “KEYS TO BECOME A SUCCESSFULL ENGINEER

(19 NOVEMBER 2018)

International Association of Certified Practicing Engineers (IACPE), adalah asosiasi yang memberikan standar kompetensi profesional dan etika. Presiden International Association of Certified Practicing Engineers (IACPE), Mr. Carl Kolmetz CPE mengatakan sertifikasi diperlukan oleh setiap lulusan perguruan tinggi yang berasal dari fakultas teknik.

Kolmetz menambahkan, IACPE memiliki 3 pilar utama, yakni educationcertification, dan networking. IACPE juga memberikan sertifikasi kepada sarjana teknik sesuai dengan bidangnya masing-masing baik lokal maupun internasional sehingga setiap lulusan sarjana teknik nanti akan lebih mudah ketika bergabung dengan perusahaan besar.

 

Pembicara : Mr. Karl Holmetz (IACPE)

Dalam rangka menjajaki kerjasama antara Internasional Association of Certified Practicing Engineers (IACPE) dan Universitas Pamulang, Program Studi Teknik Kimia  menyelenggarakan seminar bertemakan “Keys to Become A Successfull Engineer” yang dilangsungkan di kampus pusat Universitas Pamulang

Peserta yang hadir dalam seminar ini terdiri dari Dosen dan mahasiswa Program Studi Teknik Kimia, Teknik Elektro serta Teknik Industri .

 

 

KEGIATAN SEMINAR ” MANAJEMEN ENERGI GAS DAN PENGEMBANGAN ENERGI ALTERNATIF SOLUSI KRISIS ENERGI NASIONAL ” (26 MEI 2018)

 

dsc_3065

Pembicara : Dr. Iwan Ratman, Arief Mujiyanto, M.Eng., Ir. Jaelani Ibrahim, M.T.

dsc_3091

dsc_3203

 

KEGIATAN SEMINAR ” AIR, PANGAN DAN ENERGI UNTUK KESEJAHTERAAN MANUSIA  “

(18 MARET 2017)

agus-salim-dt

Penghargaan dosen terbaik program studi Teknik Kimia tahun 2017 (Agus Salim Afrozi, S.T., M.T.)

18 Maret 2017
Narasumber Dipl. Ing. Haznan Abimanyu, Ph.D, Dr. Muhamad Sahlan, M. Eng, dan Dr. Achmadin Luthfi Machsun

 

18 Maret 2017
Suasana Seminar

KEGIATAN SEMINAR “TEKNOLOGI PENGOLAHAN LIMBAH”

(10 AGUSTUS 2016)

10 Agustus 2016
Narasumber Prof. Ir. Zainus Salimin, M.Si, Drs. Gunandjar, M.Si., APU dan Moderator Dicky Tri Jatmiko, S.T.,M.T

Program Studi Teknik Kimia Universitas Pamulang pada 10 Agustus 2016 menggelar kegiatan Seminar dengan tema Teknologi Pengolahan Limbah Kimia. Kegiatan ini dihadiri oleh kurang lebih 500 peserta diantaranya adalah para mahasiswa dan dosen Prodi Teknik Kimia UNPAM. Seminar yang dibuka untuk umum ini, juga turut dihadiri oleh mahasiswa dari berbagai fakultas lain. Kegiatan dilaksanakan di auditorium Universitas Pamulang dengan menghadirkan Narasumber yang sangat kompeten dibidangnya. Adalah Prof. Ir. Zainus Salimin, M.Si, Drs. Gunandjar, M.Si., APU.

Budhi Indrawija, S.T,M.Si dalam sambutannya menyebutkan, seminar ini bertujuan untuk membuka wawasan bagaimana teknologi mengolah limbah kimia. Mengingat bahwa meningkatnya perkembangan Industri di Indonesia tidak berbanding lurus dengan meningkatnya teknologi pengolahan limbah, menyebabkan limbah tidak terolah dengan baik bahkan sampai mencemari lingkungan. Kedua narasumber tersebut secara umum menjelaskan mengenai bahaya limbah dan teknologi pengolahannya, namun secara mengerucut keduanya membahas lebih detail pada bahaya dan teknologi pengolahan limbah radioaktif, dimana limbah tersebut merupakan salah satu dari limbah B3 Bahan Berbahaya dan Beracun).

10 Agustus 2016
Sesi foto bersama narasumber, Bapak Ketua Yayasan, Rektor dan Dosen

SEMINAR “PROCESS SAFETY AWARENESS”

(20 DESEMBER 2014)

sambutan
Sambutan Oleh Ketua Pelaksana Bpk. Budhi Indrawijaya, S.T., M.Si"

 

mc Narasumber Ir. Deddy Syam,M.OHS dan moderator Jufrinaldi,S.T., M.Si

audiens
Antusias audiens saat mendengarkan seminar

 

WORKSHOP “KURIKULUM PERGURUAN TINGGI BERBASIS KKNI”

(15 JUNI 2017)

15 Juni 2017

Dekan Fakultas Teknik Universitas Pamulang Dr. Ir. Dadang Kurnia, M.M dan Narasumber Dr. Dianursanti,S.T., M.T

 

15 Juni 2017
Sesi Foto bersama Narasumber

WORKSHOP ” TEKNIK PENGAMBILAN SAMPEL KUALITAS LINGKUNGAN “

(9 JULI 2017)

9 Juli 2017

9 juli 2017

9 Juli 2017

9 Juli 2017