Kunjungi industri adalah salah satu kegiatan himpunan mahasiswa teknik kimia dengan kordinasi program studi teknik kimia yang memiliki tujuan untuk mempelajari dunia teknik secara langsung di lapangan dengan mengunjungi industri-industri selama 1 hari.

1. KUNJUNGAN INDUSTRI 2020: PT. MITSUBISHI CHEMICAL INDONESIA

PT. Mitsubishi Chemical Indonesia yang berlokasi di Jl. Raya Merak, Desa Gerem, Kota Cilegon, Banten merupakan salah satu penghasil resin purified terephthalic acid (PTA) dan polyethylene terephthalate (PET) terbesar di Indonesia. Proses dan hasil produksi dari PT. Mitsubishi Chemical berkaitan erat dengan pengetahuan yang dibutuhkan oleh mahasiswa Program Studi Teknik Kimia, sehingga perusahaan ini dipilih sebagai tujuan kunjungan industri mahasiswa Teknik Kimia, Universitas Pamulang tahun 2020.

Koordinator kunjungan industri ke PT. Mitsubishi Chemical Indonesia adalah Bapak Ir. Irwan Mulyadi, M.Si., IPM, dengan dosen pembimbing Agustina Dyah Setyowati, M.Sc; ketua pelaksana Aditiya Muhammad F; dan penanggung jawab Ir. Wiwik Indrawati, M.Pd. Kegiatan ini dilaksanakan pada hari Selasa, 14 Januari 2020 mulai pukul 14.00 dengan jumlah peserta 54 orang.

Dengan melihat proses produksi PTA dan PET secara langsung yang disertai dengan penjelasan oleh pihak PT. Mitsubishi Chemical, diharapkan dapat menambah pengetahuan dan wawasan mahasiswa yang akan menjadi bekal ketika melaksanakan kerja praktek dan bekerja di industri.

 

2. KUNJUNGAN INDUSTRI 2019: BADAN TENAGA NUKLIR NASIONAL (BATAN)

Mahasiswa Program Studi Teknik Kimia, Fakultas Teknik Universitas Pamulang melaksanakan kegiatan kunjungan industri ke Badan Tenaga Nuklir Nasional (BATAN), Pusat Sains & Teknologi Bahan Maju di Kawasan PUSPIPTEK Serpong, Gedung 43, Setu, Tangerang Selatan.

BATAN adalah lembaga pemerintah non-kementerian Indonesia yang melaksanakan tugasnya pada bidang penelitian, pengembangan, dan pemanfaatan tenaga nuklir.

Kawasan nuklir Serpong merupakan kawasan pusat litbangyasa iptek nuklir yang dibangun dengan tujuan untuk mendukung usaha pengembangan industri nuklir dan persiapan pembangunan, serta pengoperasian PLTN di Indonesia.

Penasehat kunjungan industri ke BATAN adalah Bapak Jufrinaldi, S.T., M.Si; dosen pembimbing Bapak Didik Iswadi, S.Si., M.T; ketua pelaksana Dewi Sartika; dan penanggung jawab Syarief Hidayatullah. Kegiatan ini dilaksanakan pada hari Senin, 16 September 2019 dengan jumlah peserta 63 orang.

3. KUNJUNGAN INDUSTRI 2017: PLTU SURALAYA

Pusat Listrik Tenaga Uap (PLTU) Suralaya unit 8, atau yang dikenal sebagai PLTU Banten 1 Suralaya Operation and Maintenance Services Unit (OMU), terletak di sebelah timur PLTU Suralaya 1 s/d 7 eksisting, Desa Suralaya Kecamatan Pulo Merak, Kotamadya Cilegon, Provinsi Banten. PLTU yang memiliki kapasitas terpasang sebesar 1 x 625 MW melengkapi PLTU Suralaya 1-7 yang telah beroperasi lebih dahulu sejak 1984.

Dari kegiatan kunjungan ini, mahasiswa Program Studi Teknik Kimia dapat mengetahui ilmu tentang energi listrik secara lebih mendalam sebagai bekal dalam menyelesaikan tugas akhir Pra Rancangan Pabrik Kimia, khususnya unit utilitas pabrik yang diantaranya meliputi air, steam, listrik, dan pengadaan generator.

Koordinator kunjungan industri ke PLTU Suralaya adalah Bapak Jufrinaldi, S.T., M.Si, dengan Risky Hidayat sebagai ketua pelaksana dan Ir. Wiwik Indrawati, M.Pd. sebagai penanggung jawab. Kegiatan ini dilaksanakan pada hari Rabu, 23 Agustus 2017 dengan jumlah peserta 55 orang.

 

4. KUNJUNGAN INDUSTRI KE BATAN (13 JUNI 2013)

p1240499

p1240513

 

5. KUNJUNGAN INDUSTRI KE PT. ETERNAL (27 MARET 2015)

img_3008img_3022

img_3025

 

6. KUNJUNGAN KE PT. TIRTA CISADANE (22 APRIL 2015)

_mg_3118

img_3044

img_3098

img_3100

7. KUNJUNGAN INDUSTRI KE PT. SURYA TOTO (16 MARET 2016)

Jpeg

Jpeg

 

8. KUNJUNGAN INDUSTRI KE PT. INDAH KIAT (16 MARET 2016)

Jpeg

Jpeg

Jpeg